Minggu, 22 Maret 2009

bunga kering


Tahukah anda bahwa bunga kering yang saya maksudkan adalah bunga sungguhan tetapi dalam keadaan yang sudah kering. Kita bisa membuatnya tanpa mengubah bentuk maupun warnanya sesuai dengan macam-macam metode.

Metode-metode yang sering digunakan adalah pengeringan sederhana, pengeringan dingin dengan lemari es, dan dengan bahan pengering (desinfectant).


Pengeringan sederhana adalah dengan cara menggantungkan bunga secara terbalik di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Pengeringan dingin, adalah dimana bunga tetap diposisikan terbalik menggantung dan keadaan lemari yang tetap kering.


Pengeringan dengan bahan desinfectan, adalah dengan membenam bunga yang akan dikeringkan sampai bunga tidak terlihat. Sebaiknya wadah yang digunakan adalah wadah yang benar-benar bebas dari angin atau udara luar. Bisa menggunakan gelas dan lain sebagainya kemudian ditutup rapat.

Materi yang temasuk desinfectan adalah pasir apung, kerikil, kapur barus, cillica gel, dan materi yang lain yang bisa menyerap air.

Proses pengeringan tidak terlalu lama. Untuk pengeringan sederhana bisa mencapai waktu kurang lebih 1 minggu, dengan pengeringan dingin selama 3 minggu, dan pengeringan dengan desinfectant tergantung dengan bahan materi yang digunakan. Paling cepat adalah dengan menggunakan sillica gel yang hanya membutuhkan waktu 3-4 hari.

Apabila sirkulasi dan kelembaban udara agak lembab, maka proses pengeringan akan sedikit terhambat, dan kemungkinan terserang jamur maupun bakteri. Untuk pencegahannya, bisa dilakukan dengan menyemprotkan alkohol ke bunga tersebut.

Pada dasarnya setiap bunga bisa dikeringkan, namun yang paling mudah dikeringkan adalah bunga yang memiliki kadar air yang sedikit. Contohnya adalah mawar, anyelir, gerberra, krisan, dan lain sebagainya.

Untuk pemeliharaan, diupayakan agar bebas dari debu yang menempel dan tetap dalam ruangan yang kering (sirkulasi udara lancar).

detail :

freezedriedfloral

driedflowerdirect

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar